Photo by Pavel Kunitsky from Pexels

Belajar Teknik Dasar Internet Marketing Gratis

Sepertinya saat ini ilmu dibidang internet marketing itu penting yang harus dipelajari, karena dengan mengerti teknis internet marketing kita bisa mendapatkan uang dari internet, walaupun bukan satu-satunya cara namun sebagian besar orang perlu pemahaman internet marketing.

Bisa dibilang seperti itu gambarannya orang ingin mendapat penghasilan tambahan atau bahkan menjadi mata pencaharian utama, beberapa orang rela untuk membeli sebuah ilmu dengan media apapun seperti e-book yang berisikan tentang cara mendapatkan uang banyak dari internet dengan cara teknik marketing. Judul yang sangat wah, bukan?

Tapi anda bisa perhatikan apakah harga e-book yang wah, itu isinya juga wah atau sama saja seperti artikel yang saya akan bagikan ini dengan gratis, saya ambil poin dasar saja. Karena semua dari dasar, saya yakin kalau anda tidak mempunyai ilmu dasar, berikutnya akan kesulitan mempelajari teknik yang lebih rumit lagi.

Belajar Teknik Dasar Internet Marketing Gratis ini Cocok Bagi Anda Sebagai Pemula.

1. Riset Produk itu Penting

Pada dasarnya ilmu internet marketing itu bisa anda mulai dengan belar riset, kenapa harus dilakukan atau dipelajari teknik ini, bila anda akan menjual suatu produk atau jasa jangan lupa melakukan riset tentang produk anda apakan sudah ramai dipasaran, atau kurangnya peminat dan sebagainya.

Keuntungan dari riset produk ini anda akan mengetahui seberapa besar minat pasar terhadap produk atau jasa tersebut, kemudian mempelajari berbagai trend dari produk-produk yang anda jual, apakan diprediksi akan naik atau malah turun, ini penting buat masa depan bisnis.

Melakukan riset produk itu tidak susah karena bisa dilakukan dengan tools gratis yaitu Google Planner, dengan menggunakan tools ini anda bisa melihat berapa besar tingkat pencarian orang, dari situ kita bisa menentukan kata kunci dari produk atau jasa yang akan dijual.

2. Riset Persaingan

Setelah melakukan langkah awal yaitu riset produk, maka selanjutnya anda bisa memulai dengan riset saingan apakah produk atau jasa yang akan anda jual memiliki tingkat persaingan ringa, sedang atau malah berat.

Cara untuk melakukan riset saingan itu cukup mudah, bisa dengan menggunakan metode sederhana seperti memanfaatkan search engine milik google dengan mengetikan keyword produk contohnya seperti ini “obat herbal” setelah itu anda tambahkan &start=990 oada kolom URL kemudian anda enter.

Hasil dari cara tadi maka google akan memberikan hasil seberapa banyak persaingan yang ada, karena fungsi dari kode &start=990 untuk melihat jumlah dalam persaingan dengan produk yang sama. Karena dengan cara yang sangat simpel ini anda bisa menyiapkan strategi untuk bersaing.

3. Memilih Tempat Promosi Yang Tepat

Dalam internet marketing itu penting memilih tempat promosi yang tepat jangan sampai menawarkan produk yang ratusan juta pada pasar menengah kebawah yang notabene mempunyai penghasilan dibawah sepuluh juta setiap bulannya.

Hal ini wajib anda ketahui dan pelajari bagi yang terjun di internet marketing karena untuk mengetahui dimana tempat yang cocok untuk promosi, jika anda masih bingung dimana tempat untuk promosi bisa anda memilih di Adwords atau FB Ads (berbayar), tapi bila anda menginginkan promosi gratis bisa anda gunakan berbagai media sosial yang anda miliki tapi harap sesuaikan dengan kondisi komunitas anda.

4. Teknik Marketing

Jika beberapa hal diatas sudah anda pelajari, maka selanjutnya adalah teknik marketing itu sendiri. Teknik marketing itu sebenarnya dari sisi bagaimana anda berkomunikasi dengan calon pelanggan seperti beberapa teknik ini:

a. Opening

Opening adalah sebuah pengetahuan kita terhadap produk atau jasa yang akan dijual, karena tanpa pengetahuan tentang produk yang anda jual, akan membuat calon pembeli juga ragu.

b. Closing

Setelah pembukaan maka berakhir dengan penutupan (closing), bisa juga dibilang finishing, pada waktu closing sebaiknya anda menghindari beberapa kata yang membuat mengambang sebagai contoh: “Jadi atau tidak beli produk ini?“. Baiknya anda merubah pertanyaanya dirubah menjadi menawarkan pilihannya misal: “Mau pilih produk A atau B ya?” Selain menghasilkan keputusan dari calon pembeli yang cepat, jauhi membuat mereka lebih lama menunda.

Banyak marketer yang tidak memahami bahwa marketing adalah seseorang yang memberikan solusi terhadap calon pembelinya, yang artinya bisa anda menawarkan produk yang lain yang masih ada kaitannya dengan produk tertentu yang anda jual.

Baca juga Menjangkau Pasar Lebih Luas Dengan Adwords

Kesimpulannya

Banyak ilmu yang disebarkan luas dan gratis dari internet yang sengaja dibagikan oleh blogger, namun ada juga yang menjualnya dalam bentuk buku atau e-book. Semua itu akan kembali lagi pada diri kita mampu tidak untuk menterjemahkan maksud dari isinya.

Perbanyak lah membaca teknik marketing yang tersebar secara bebas, karena bagi pemula dan profesional pun sebenarnya sama saja, karena pada prinsipnya adalah mau belajar dan mengambil sisi baik dari semua informasi yang didapat.

Terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *