pentingnya investasi

Berminat Investasi Deposito? ada 4 hal Yang Harus Dipertimbangkan

Deposito adalah instrumen investasi yang hingga kini masih disukai oleh kebanyakan orang, karena deposito sendiri cocok bagi anda yang tidak mau repot investasi atau menjadi investor pasif.

Jenis instrumen deposito biasanya memiliki jangka waktu dimana  tidak boleh ditarik oleh nasabah. Karena deposito baru bisa anda cairkan sesuai dengan tanggal jatuh tempo, umumnya deposito memiliki jangka jatuh tempo 1,3,6 dan 12 bulan.

Dalam deposito bila nasabah mencairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan kena pinalti sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan tentunya. Deposito sendiri bisa diperpanjang otomatis dengan menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Hal ini akan berjalan otomatis setelah jatuh tempo habis dan sampai nasabah mencairkan depositonya.

Deposito selain menawarkan dengan bunga yang cukup lumayan namun resiko deposito sangat kecil dibandingkan instrumen investasi lainnya seperti saham dan reksadana.

Bagi anda yang berminat investasi deposito, maka ada 4 hal yang mesti anda pertimbangkan.

1. Suku bunga yang bervariasi

Setiap bank memiliki suku bunga yang bervariasi untuk deposito, dan dianjurkan sebelum melakukan deposito anda bandingkan atar bank satu dan yang lainnya. Hal ini penting anda lakukan karena bunga yang anda dapatkan mempengaruhi hasil dari investasi deposito anda.

2. Masalah Tenor

Dari setiap produk deposito yang dimiliki bank itu berbeda-beda, termasuk dari tenornya. Jangka waktu atau tenor deposito anda, pada umumnya tenor deposito ada yang 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan sampai diatas 1 tahun.

Tenor ini penting untuk anda perhatikan sebagai investor karena biasanya juga berkaitan dengan bunga yang akan diberikan oleh pihak bank.

3. Denda Prematur

Biasanya pihak bank akan mengenakan denda kepada nasabahnya yang menarik deposito sebelum masa tenor sesuai perjanjian berakhir, contohnya anda menyimpan uang 200 juta sebagai deposito dengan durasi tenor 1 tahun namun baru 6 bulan anda sudah menarik uang deposito anda, maka dengan keputusan yang nasabah ambil, bank akan mengenakan denda penarikan tersebut.

4. Perhatikan waktu imbal hasil deposito

Untuk pembayaran hasil bunga deposito anda dapat dipilih dengan pembayaran 1 bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan hingga tahunan. Hal ini umumnya bank akan menawarkan kepada nasabah untuk memilih jangka yang diinginkan.

Baca juga Kenapa Melakukan Investasi itu Penting?

Berikut ini informasi yang mesti anda perhatikan sebelum memutuskan untuk deposito uang anda.

Sumber:
money.kompas.com/read/2019/06/28/122300126/mau-investasi-deposito-pertimbangkan-4-hal-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *