Cara Membuka Usaha Depot Jamu Agar Menarik Hati Pelanggan

Gambar Ilustrasi

Indonesia ini tergolong masyarakatnya menyukai jamu, dari kalangan anak muda, ibu rumah tangga, anak-anak dan termasuk bapak-bapak nya juga suka dengan jamu. Apa memang karena dari warisan nenek moyang mengandalkan jamu untuk mengobati dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah bagi yang ingin terjun bisnis membuka depot jamu maka artikel kali ini inspirasi dan tips agar depot jamu yang anda buka banyak pelanggan. Ingin tau tata cara membuka Depot jamu simak artikel ini sampai selesai.

Misal anda saat ini serius ingin terjun di bisnis ini alangkah baiknya cari tau tentang seluk beluk bisnis depot jamu ini supaya dapat menghasilkan keuntungan dari bisnis membuka depot jamu. Ada beberapa hal yang penting diperhatikan agar persiapan benar-benar matang contoh analisa modal, mengetahui pembuatan jamu, peralatan, perlengkapan usaha dan modal yang akan dikeluarkan.

Bisnis depot jamu tidak terlalu banyak saingan, menjadikan potensi akan mendapatkan pelanggan jadi lebih mudah, mengingat masyarakat indonesia adalah suka dengan jamu.

Tips Membuka Usaha Depot Jamu

1. Produknya Harus Yang Berkualitas

Yang paling pertama anda ketahui adalah produk yang akan disajikan kepada pelanggan yang memang harus berkualitas. Dari segi pengolahan yang bersih misalnya tidak asal bahkan dibilang abal-abal, ingat lagi bahwa produk yang dijual akan dinikmati pelanggan anda jadi jangan sepelekan poin pertama ini.
Bila produk anda tidak memiliki kualitas maka tentu saja pelanggan anda akan berpaling dari depot anda maka dari itu tingkatkan lagi value produk anda.

2. Memiliki Banyak Varian Jamu

Tidak hanya kualitas saja yang ditonjolkan namun ada hal lain yang mempengaruhi laris dan tidaknya usaha yang anda jalani ini poin kedua ini adalah yang perlu ditonjolkan banyaknya variasi atau berbagai jenis jamu. Kita sudah tau dari awal bahwa penikmat jamu itu tidak hanya dari satu kalangan umur saja tapi anak-anak hingga dewasa.

3. Memiliki Cara Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayanan yang buruk akan berdampak buruk juga pada usaha anda, bisa saja pelanggan jadi tidak membeli jamu di depot anda lagi karena cara melayani yang kurang baik. Cara sederhana membuat pelanggan anda tidak segan untuk mampir kembali ke depot anda karena dapat kesan yang ramah. Dan ini akan menjadi reputasi bisnis anda semakin berkembang.

4. Cari Tempat Untuk Membuka Depot Yang Bersih

Yang namanya usaha jamu berarti asumsinya adalah kesehatan, jauh dari kotor dan sebagainya. Lebih mendekat kearah bersih. Jika salah memilih tempat yang kotor maka pelanggan juga enggan untuk mampir, dari kesan pertama orang akan merasa malas. Kemudian jika buka sampai larut malam usahakan pencahayaan juga jangan terlalu remang-remang.

Itulah empat poin yang mesti di ingat karena hal itu termasuk pokok saat ingin membuka depot jamu.

Kekurangan di Bisnis ini

Dalam membuka usaha apa pun pasti ada kekurangan dan juga kelebihannya kekurangan yang sering dikaitkan dalam bisnis depot jamu ini adalah adanya pedang yang nakal mencampuri jamu dengan olahan dengan obat berbahaya misalnya.

Karena adanya pedagang yang tidak jujur akan keaslian jamunya maka hal ini berimbas juga pada usaha jamu anda karena pelanggan akan was-was dan enggan untuk mampir ke depot jamu anda. Solusinya yakinkan akan produk yang anda jual memiliki khasiat bagus untuk kesehatan.

Kurangnya campuran rempah rempah yang memang sering dialami oleh pengusaha jamu, rempah-rempah biasanya akan menipis karena kondisi cuaca yang tidak stabil akhirnya rempah-rempah jadi kekurangan persediaan. Untuk hal iniĀ  coba menjalin hubungan baik dengan para petani rempah secara langsung agar tidak kekurangan penyuplai bahan baku jamu, disini biasanya akan mendapat harga yang khusus jika sudah menjalin kerja sama dengan petani secara langsung.

Kunci Sukses Membuka Depot Jamu

Untuk kunci kesuksesan menjalankan bisnis di bidang jamu, agar berjalan dengan baik itu adalah strategi pemasaran dan juga pemilihan tempat yang tepat, alangkah bagusnya sebelum membuka depot maka lokasi yang bagus adalah berada di pemukiman yang ramai maka sebelum membuka baiknya melakukan survai dulu.

Dari segi pemasaran juga sangat penting misal bisa mengikuti event-event menitipkan produk juga boleh atau menjajakan produk secara langsung, bisa juga membuka gerai kecil di pinggiran jalan.

Artikel kali ini semoga menjadi inspirasi buat anda yang sedang ingin membuka depot jamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *