cara membuat suarat izin membuat pt
Gambar Kemenkumham source Google

Cara Mendirikan Usaha yang Berbadan Hukum

Pelaku usaha skala kecil, menengah, atau pun besar tentunya sangat penting memiliki badan hukum, karena usaha anda akan dilindungi dari segala usaha dari tuntutan akibat aktifitas perusahaan tersebut, kami akan beri ciri seperti usaha yang berbadan hukum yaitu terdapat pemisahan kekayaan pemilik dengan kekayaan yang di miliki badan usaha tersebut.

Cara lengkap mendirikan badan usaha yang Berbadan Hukum PT

1. Pengajuan nama PT yang akan di gunakan.

Proses yang pertama ini mempunyai tujuan apakah nama yang di ajukan sudah digunakan orang lain atau belum. Kemana anda harus mengajukan nama PT tersebut yaitu ke notaris yang melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (sisminbakum) Kemenkumham.

Berikut syarat yang harus di lengkapi:

a. Melampirkan formulir dan pendirian surat kuasa (Asli).
b. Melampirkan photo copy (KTP) dari pendiri dan pengurus perusahaan.
c. Melampirkan photo copy (KK) dari pendiri dan pengurus PT

2. Tahap Pembuatan Akta Pendirian PT.

Pembuatan akta pendirian yang dilakukan oleh notaris, untuk selanjutnya mendapatkan persetujuan dari Menteri Kemenkumham, akte ini berisi informasi tentang nama perusahaan, nama pemilik modal, modal dasar, bergerak di bidang apa dan informasi pengurus perusahaan seperti siapa direktur utama, direktur dan para komisaris.

3. Pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP).

Surat ini yang bisa anda dapatkan dari kantor kelurahan di mana perusahaan itu tinggal, yang kemudian dari kantor kecamatan bersangkutan juga mengeluarkan surat yang sama syarat yang anda harus siapkan adalah sebagai berikut:

a. Photo copy Akte Perusahaan.
b. Photo copy Pajak Bumi dan Bangunan (tahun terakhir).
c. Perjanjian sewa atau kontrak (bagi yang domisili bukan gedung perkantoran).
d. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur.
e. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) jika PT tidak di gedung perkantoran.

4. Permohonan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Tahapan ini adalah permohonan NPWP bagi PT anda, yang anda perlu bawa sebagai syarat adalah salinan Akte Perusahaan dan Surat Keterangan Domisili.
Untuk pendaftarannya di ajukan ke Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai di wilayah setempat, berikut syarat lainnya, NPWP pribadi Direktur PT, Salinan KTP Direktur.

5. Pengesahan Anggaran Dasar Perseroan oleh Menteri Kemenkumham.

Tahapan pengajuan ini yang di ajukan kepada Menteri Kemenkumham untuk dapatkan pengesahan Anggaran Dasar Perseroan.

6. Proses pengajuan SIUP dan TDP.

Surat Izin Usaha Perdagangan ini digunakan PT untuk menjalankan kegiatan usaha, permohonan SIUP di ajukan ke Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Perdagangan / Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan Kota atau Kabupaten yang terkait domisili PT tersebut.

7. Tahapan Berita Acara Negara Republik Indonesia (BNRI).

Setelah semua persyaratan sudah di cukupi kemudian telah dapat pengesahan dari Menteri Kemenkumham, kemudian harus di umumkan dalam BNRI, setelah semua selesai maka PT tersebut telah sah memiliki status berbadan hukum.

Demikianlah tata cara lengkap mendirikan Perusahaan berbadan Hukum PT, dengan artikel ini semoga bisa membantu anda yang sedang atau ingin membangun perusahaan, atau bisa di jadikan penambah wawasan tentang perizinan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *