Ciri-ciri Fintech Lending yang Terpercaya

Ciri-ciri Fintech Lending yang Terpercaya

Perusahaan yang bergerak dalam bisnis Fintech semakin banyak dari mulai yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan maupun yang tidak terdaftar, hal ini yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda untuk bisa memilih jenis Fintech yang terpercaya agar tidak salah pilih.

Berkembangnya dunia usaha dewasa ini membuat perusahaan banyak berlomba memberikan pinjaman bagi UKM yang membutuhkan modal usaha, dalam segi meminjam sudah mulai mudah anda bisa melakukannya dari rumah karena Fintech berbasis online.

Bicara tentang Fintech lending, adalah dimana perusahaan tersebut menjadi perantara antara peminjam dan pemberi pinjaman, karena bicara tentang uang maka anda wajib mencari Fintech Lending yang terpercaya.

Dalam mencari Fintech yang bisa dipercaya yaitu dengan cara melihat ciri-ciri dari Fintech Lending tersebut, bisa anda simak ulasan berikut ini.

Ciri-ciri Fintech Lending yang Terpercaya

1. Pengawas

Yang paling penting anda cek apakan Fintech tersebut telah terdaftar dan memiliki izin yang diberikan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan terdaftarnya perusahaan tersebut maka anda sebagai konsumen akan terlindungi lebih aman serta nyaman tentunya.

2. Alamat Kantor Perusahaan

Jika saat ini akan mengajukan pinjaman pada Fintech tertentu maka yang harus diketahui adalah alamat atau lokasi tepatnya kantor Fintech tersebut berada. Kemudian misal anda sebagai pemberi pinjaman juga sama harus mengetahui lebih jelas lagi karena urusan uang, dengan mengetahui alamat dan lokasinya anda akan lebih mudah memproses segala transaksi dengan Fintech tersebut.

3. Syarat yang Diberikan

Pada umumnya Fintech yang ilegal akan lebih mudah memberikan persyaratannya dibandingkan dengan jenis Fintech yang legal, karena Fintech Lending yang legal terdaftar di OJK akan memerlukan beberapa proses dan persyaratan yang perlu anda lengkapi, seperti dokumen, pihak Fintech juga biasanya menanyakan keperluan pinjaman biasanya semua persyaratan yang dibutuhkan untuk keperluan melihat credit scoring.

4. Akses Terhadap Privasi

Ciri funtech yang terpercaya akan menjaga kerahasian dan tidak meminta banyak akses pada perangkat smartphone anda, dan tidak menyalahgunakan semua data yang anda input.

Aplikasi Fintech Lending hanya diizinkan mengakses camera, microphone dan lokasi, untuk memastikan Fitech tersebut aman dilihat dari kepemilikan sertifikat ISO 27001.

5. Bunga

Melihat keterbukaan tentang bunga karena Fintech terpercaya tidak menyembunyikan besaran dari sukubunga yang ada. OJK selaku regulator yang mengawasi memberikan keterbukaan mengenai bunga atau juga denda maksimal yang dapat dikenakan terhadap pengguna. Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) yang mengatur bunga maksimal dengan nilai 0,8% per hari.

6. Nilai TKB90 dan TWP90

OJK saat ini mewajibkan perusahaan Fintech untuk menampilkan TKB90 atau disebut Tingkat Keberhasilan 90, gunanya untuk menjaga tingkat kredit yang bermasalah (Non Performing Loan) agar tetap rendah. Jika nilai TKB90 tinggi maka semakin performanya dalam menekan angka NPL.

TKB90 ini adalah sebuah ukuran untuk tingkat keberhasilan penyelenggara Fintech P2P Lending, dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban terhadap pinjam meminjam angka 90 sendiri yang artinya dalam jangka waktu 90 hari terhitung jatuh tempo bisa terselesaikan.

Sedangkan TWP90 memiliki arti tingkat wanprestasi atau kelalaian kewajiban yang tertera di perjanjian diatas 90 hari semenjak jatuh tempo.

7. Cara Menagih

Beberapa kasus yang terjadi mengenai cara menagih Fintech kepada pengguna dengan cara yang salah seperti kasar, mengancam sampai membahayakan nyawa, tentu hal tersebut bertentangan dengan hukum yang ada.

Pada Fintech terpercaya untuk menagih memiliki aturan, selain itu ada OJK selaku regulator juga telah mengatur bahwa yang diberikan tanggung jawab untuk menagih perlu memiliki sertifikat yang dilakukan oleh AFPI.

8. Pengaduan Anda

Fintech yang mempunyai status terpercaya tentunya menyediakan tempat untuk menyampaikan pengaduan, dan juga kritik yang akan ditindak lanjuti disampaikan kepada OJK terkait masalah yang terjadi. Kemudian dari AFPI juga dapat menerima aduan dari masyarakat terkait masalah Fintech jika mengalami masalah.

Artikel diatas menjelaskan agar anda lebih cermat memilih Fintech Lending yang dapat dipercaya, dengan banyaknya Fintech yang ada maka penjelasan ini bisa menjadi pertimbangan untuk anda.

Mengenal Jenis Fintech Sebelum Berinvestasi Online

4 Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *