Mengenali Karakteristik Konsumen Masa Depan Agar Bisnis Tetap Maju

Semua orang pasti memiliki impian memiliki bisnis yang punya segmen pasar yang tepat. Karena kondisi ini yang memungkinkan akan terciptannya jualan yang maksimal dan juga lebih menguntungkan.

Tidak hanya usaha dalam sekala besar saja, sekali pun anda memiliki usaha yang sekala kecil tapi memiliki hal yang sama. Namanya bisnis itu memerlukan konsumen yang loyal dan juga tepat agar usaha tetap berjalan dan berkembang kedepannya.

Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara namun pada rtikel kali ini kita ambil satu yaitu Memahami Karakteristik Calon Konsumen, bukan saja memahami karakter konsumen untuk saat ini saja namun kita mesti memahami karakter konsumen nanti di masa yang akan datang.

Generasi bukan hanya kaum millenial saja namun ada generasi yang lahir setelah mereka yang pada umumnya kelahiaran pertengahan tahun 90an hingga akhir 2000an generasi ini lazim disebut Gen Z.

Konsumen dimasa yang akan datang itu sangat berbeda karakter dari konsumen-konsumen yang lainnya. Pola pikir, gaya hidup, minat dan hal-hal lainnya juga mempengaruhi karakter setiap generasi memiliki cara untuk memenuhi kebutuhan.

Hal ini tentunya memiliki dampak untuk pelaku usaha, jika anda ingin menjalankan bisnis dengan sukses di masa sekarang dan mendatang maka yang dibutuhkan adalah memahami jelas karakter konsumen.

Nah berikut ini ada beberapa karakter konsumen di masa yang akan datang yang wajib anda pahami agar bisnis tetap eksis dari generasi ke generasi. Admin sudah mendapatkan kutipan dari sumber yang dapat dipercaya isinya begini:

1. Memiliki minat pada Berbagai Perkembangan Teknologi

Generasi yang jadi target pasar anda bukan lagi generasi millenial yang umumnya tertarik pada berbagai cara ketika mereka berbelanja. Sedangkan Gen Z yang memang sebaliknya mereka lebih fokus terhadap produk yang akan mereka beli. Gen Z ini sangat terbuka dengan berbagai teknologi keluaran terbaru dan juga cepat beradaptasi dengan berbagai perkembangan teknologi tersebut.

Anda bisa menggaet pasar Gen Z tersebut dengan cara memanfaatkan berbagai teknologi terbaru untuk mengenalkan produk-produk bisnis anda, sehingga lebih memudahkan anda mengenalkan produk pada mereka.

2. Tidak Begitu Tertarik Sama Iklan

Selama ini ketika kita membangun usaha atau bisnis biasanya adalah beriklan agar bisnis yang anda bangun menjadi terdongkrak. Pemasaran dengan cara beriklan itu tidak lagi efektif jika menyasar generasi ini apalagi konten iklan yang anda buat ya bisa-bisa aja.

Tentunya hal ini menjadi tantangan para pelaku bisnis untuk melakukan inovasi yang berbeda dalam menjual produknya contohnya menjangkau generasi Z ini dengan pola pemasaran yang lain lebih kreatif dan yang kekinian. Menjadikan bisnis anda tetap dikenal dan segera mendapatkan konsumen yang banyak.

3. Generasi Mendatang atau Gen Z menyukai Kisah atau Cerita

Gen Z menyuakai berbagai konten yang disajikan secara singkat pada umumnya dibuat dalam bentuk video. Konten jenis ini sejatinya mirip dengan twitter namun disajikan dalam bentuk video, seperti yang sekarang anda sering lihat contohnya IG Story misalnya.

4. Dengan TV masih suka namun Ketergantungan Internet

Era digital tumbuh dengan tingkat pengakses internet yang cukup tinggi yaitu 80% Generasi Z yang memang aktif menjadi pengguna internet bahkan tidak bisa lepas dari gadget mereka sepanjang hari. Namun hal ini generasi z tetap tidak meninggalkan TV, generasi ini masih aktif menonton siaran TV.

Hal dari lembaga survai ternama Google Consumer Barometer, sebagian besar masih menonton tv secara langsung melalui perangkat Televisi, hasil survai yaitu sekitar 94 persen nah sedangkan lainnya menonton TV melalui Gadget yang mengandalkan koneksi internet.

5. Butuh Eksistensi Diri atau Narsis

Generasi Z termasuk orang-orang yang suka dengan narsis menunjukan ekistensinya dengan berbagai fitur yang ada pada media sosial. Yang tujuannya ingin mendapat pengakuan terutama dari kalangannya mereka sendiri. Artinya kebiasaan atau kebutuhan narsis ini masih akan di teruskan dari generasi Y (millenial).

Pahami karakter mereka dari sejak awal.

Untuk yang ingin bisnis den menyasar konsumen masa mendatang pastikan anda mengenali dengan baik karakter generasi Z ini. Kenapa hal ini penting mengingat generasi tersebut memiliki minat dan juga karakter sendiri yang memang berbeda dari generasi sebelumnya kendati masih mempunyai kesamaan dengan generasi millenial.

Luangkan waktu untuk melakukan riset agar bisnis yang anda jalankan bisa sukses dan juga berkembang.

Sumber Cermati.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *