Kenali Jenis Digital Marketing Sebelum Bisnis Online
Photo by rawpixel.com from Pexels

Kenali Jenis Digital Marketing Sebelum Bisnis Online

Perkembangan bisnis digital yang sangat pesat, karena hal ini banyak pelaku bisnis baik para pemilik perusahaan, individu, dan juga organisasi. Persaingan yang cukup tinggi buat memasarkan produk dengan berbagai model promosi.

Dunia bisnis saat ini berkembang seiring dengan melesatnya dunia digital, teknik-teknik kreatif turut serta membangun brand kepercayaan, sebagai contohnya berpromosi melalui platform digital, dengan memanfaatkan media Internet dan Medsos.

Jika anda ingin menjangkau pasar lebih luas itu berarti digital marketing sudah anda butuhkan.

Sekarang ini bisa dikatakan hampir seluruhnya produk ataupun jasa bisa dipromosikan melalui teknik-teknik pemasaran digital. Sebagai contoh umum bisa anda lihat pada hasil pencarian google misal sedang mencari “madu asli” maka anda akan diberikan penawaran sebuah web yang menjual madu asli, begitulah digital marketing.

Tidak hanya produk atau jasa saja yang dipasarkan melalui online saat ini produk makanan, minuman, kerajinan, bahkan hasil bumi sudah ramai bersaing meraih pasar lebih luas dengan cara digital marketing.

Untuk mengulas lebih jauh lagi simak artikel ini hingga selesai, agar anda memahami apa saja jenis digital marketing yang cocok dengan bisnis anda.

Mengenal Digital Marketing

Pemasaran online atau yang disebut digital marketing adalah jenis pemasran sebuah produk yang bisa dilakukan oleh individu maupun secara perusahaan, mudahnya bisa dilakukan siapapun. Yang melakukan promosi melalui berbagai media online.

Semua itu berawal dari mudahnya akses internet, hampir semua lapisan masyarakat memiliki akses online yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan promosi produk dan jasa. Alasannya digital marketing mampu memperluas jangkauan pasar hingga keluar negeri.

Nilai Ekonomis dan Potensial

Digital marketing mampu memangkas biaya promosi anda, dengan perkembangan dunia digital maka banyak sekali media periklanan memberikan harga yang murah kemudian fleksibel. Bahkan jika anda memiliki pengetahuan tentang pemasaran online hal ini bisa mengurangi biaya promosi anda.

Jenis-jenis Umum Digital Marketing

1. Optimasi Pencarian Produk Anda (Search Engine Optimization) SEO.

Mau atau tidak anda harus memulainya dari sini, jika anda sudah memahami dasar SEO itu apa maka sudah jelas tujuannya adalah upaya untuk mengoptimalkan website, pada posisi terbaik ketika sebuah kata kunci diketik sama seseorang kemudian produk anda tampil, dengan begitu potensi kunjungan atau order akan lebih tinggi.

Tidak hanya itu karena SEO memiliki teknik yang terdiri dari dua macam yang umum diperlukan Digital Marketing, pertama SEO On Page, kedua SEO Off Page perbedaan dari kedua jenis ini bisa dilihat dari cara dan fungsinya.

SEO On Page, adalah teknik optimasi dari optimasi pada bagian konten atau artikel penunjang produk anda, seperti pembuatan judul yang menarik dan efektif dan relevan dengan isi kontennya. Hal ini mampu menaikan ranking pencarian, banyak cara sebenarnya untuk melakukan optimasi cuma pada umumnya cara ini banyak dilakukan.

Beberapa elemen penting dalam optimasi SEO On Page, selain judul kemudian isi konten atau artikel tidak kalah pentingnya, dengan cara membuat isi tidak membosankan pembaca, bagusnya lagi disisipi beberapa gambar yang terkait sehingga menambah daya minat.

SEO Off Page, adalah sebuah teknik optimasi yang dilakukan pada sebuah website dengan mengambil keuntungan dari luar, sebagai contohnya anda membuat sesuatu hal yang menarik membagikan link pada sosial media, forum dan beberapa jenis lainnya hingga secara offline ini termasuk SEO Off Page.

2. Optimasi SEM (Search Engine Marketing).

Jenis optimasi SEM sendiri adalah dimana seorang marketing online yang memfokuskan pada berbagai mesin pencarian, tujuannya tidak jauh berbeda hanya kalau SEM berusha sebuah produk atau jasa mudah ditemukan pada mesin pencari seperti yahoo, google, bing dan jenis pencari lainnya.

Jadi sebenarnya Search Engine Marketing, secara umumnya beriklan atau membeli trafik, misal dengan membayar mesin pencarian seperti milik google. Sebagai contohnya seorang marketer dapat melakukan bidding yang dilakukan terhadap kata kunci. Hal ini dengan harapan banyak mendapatkan trafik dari pencarian seseorang dengan keyword yang di bidding.

Teknik SEM juga memiliki keuntungan, karena iklan produk anda tidak hanya akan tampil pada mesin pencarian saja melainkan akan tampil pada beberapa website yang sudah melakukan kerja sama dengan google.

3. Konten Marketing

Metode ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis online karena memberikan efek positif dan berpotensi, karena konten marketing adalah sebagai penunjang strategi pemasaran. Dengan begitu anda bisa langsung menyampaikan sebuah produk kepada konsumen anda melalui konten marketing ini.

Konten marketing dibuat dengan berbagai perencanaan agar mampu menari calon pembeli produk atau jasa anda, membuat konten marketing biasanya diawali dari riset, dan memilih waktu yang tepat untuk mendistribusikannya demi menarik perhatian.

Konten marketing pada umumnya membahas spesifikasi detail sebuah produk yang akan dijual, karena dalam digital marketing metode ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mutu strategi anda.

Bagaimana jika anda tidak bisa membuat konten yang menarik, didalam era digital ini bisa dikatakan serba mudah anda jangan khawatir karena banyak menjual jasa menulis artikel review sebuah produk, yang nantinya akan dikemas secara profesional dan menarik.

Dengan begitu konten yang anda sajikan di web maupun media sosial akan berhubungan lebih dekat dengan produk atau brand anda. Biasanya sebuah konten marketing akan menyisipkan sebuah link yang bersangkutan dengan produk yang akan dijual, sehingga promosi anda terkesan lebih menarik.

4. Media Sosial Marketing

Mungkin dari sebagian besar pengguna internet sudah memahami istilah ini, karena cara ini banyak digunakan oleh marketer dengan memanfaatkan akun media sosial sebagai gerbang pemasaran. Banyak pengguna profesional dan pengguna individu memanfaatkan facebook, instagram, twitter dan media lainnya. Karena sarana ini memiliki peluang mendapatkan keutungan lebih banyak lagi.

Seperti yang sudah diketahui bahwa kekuatan menjadikan media sosial sebagai sarana berpromosi sudah tidak diragukan lagi, dimana media sosial mampu menjangkau berbagai kalangan masyarakat, ditambah adanya fitur-fitur yang mendukung anda berinteraksi dengan pelanggan, misal berbalas pesan dan berkomentar langsung.

Sebenarnya teknik ini adalah pengembangan dari cara jadul seperti dari mulut-kemulut, yang kemudian saat ini tergantikan dengan media sosial, karena tidak hanya kabar saja yang mampu disampaikan melainkan anda bisa menghiasi sebuah promosi dengan gambar dan video agar lebih menarik lagi.

5. Email Marketing

Email marketing diyakini para ahli adalah cara paling efektif untuk membangun sebuah koneksi bisnis dengan calon pelanggan anda, yang nantinya akan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia.

Mengenai hal ini pernah ada suatu penelitian yang dilakukan Radicati Group mencatat, lebih dari 34% orang diseluruh dunia menggunakan surat elektronika yaitu email, mungkin jumlahnya sudah bertambah seiring perkembangan teknologi saat ini. Waktu itu tercatat ada sekitar 109 milyar email bisnis ini jumlah yang sangat besar dan mungkin itu akan terus bertambah.

Banyak pelaku bisnis memanfaatkan email marketing untuk menunjang suatu tindakan pesan yang berisikan komersil, seperti promo, penawaran produk, atau juga diskon yang dikirimkan kepada pelanggan potensial, dengan menggunakan metode email.

Makanya tidak heran ada beberapa layanan yang mengharuskan pengisian alamat email dalam pendaftaran atau hanya sebagai syarat, karena bertujuan untuk mengumpulkan list alamat email potensial. Karena dengan promosi melalui email yang masuk langsung ke inbox pengguna kemudian langsung terbaca oleh pelanggan maupun calon pelanggan.

Adapun manfaat lainnya akan selalu terhubung dengan secara pribadi dengan calon pelanggan secara terus menerus, terdapat dua cara email marketing ada yang terkirim otomatis setiap anda update produk ada juga yang dikirim manual.

Kesimpulannya menggunakan sarana promosi berbasis email marketing sangat bermanfaat, mampu menghemat biaya dan waktu secara efisien tapi bisa menjangkau pelanggan dalam waktu yang singkat.

6. Affiliate Marketing

Dalam metode marketing ini sudah umum ada dikalangan masyarakat, yang biasanya disebut dengan perantara, makelar teknik yang mengandalkan sistem komisi dari hasil penjualan. Jenis ini juga banyak digunakan oleh digital marketing dengan sistem produk terjual kemudian si penjual mendapatkan komisi dari hasil ia promosi.

Adapun metode yang digunakan, biasa yang kita temui dimedia soasial misalanya ada yang membuat satu instrumen promosi sebagai contoh “makasih yah buahnya segar-segar” dengan dibubuhi link affiliate, gampangnya seperti itu.

Dengan menggunakan metode komisi ini membuat penjual buah tadi akan mengurangi biaya promosi kemudian mampu menjangkau pasar lebih luas lagi melalui orang-orang yang mendaftar sebagai affiliate marketing.

Demikian sederetan tentang digital marketing yang perlu anda ketahui untuk terjun langsung didunia pemasaran online, karena teknik digital marketing bisa dilakukan siapa saja, baik anda yang sekarang memiliki bisnis ataupun yang akan memulainya.

Artikel ini sebuah gambaran atau garis besarnya bahwa teknik digital marketing seperti ulasan tadi, sehingga anda bisa menggambarkan proyeksi kedepan mengenai pemasaran online, dan mampu bersaing ditengah maraknya penjualan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *