Mengenal Reksadana Pendapatan Tetap

Mengenal Jenis Investasi Reksadana Bagi Pemula

Seperti yang sedang anda pelajari adalah berinvestasi di Reksadana, bagi pemula mungkin belum tau beberapa jenis reksadana yang ada, tentunya dari jenis tersebut memiliki tujuan masing-masing.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis reksadana mari kita cari tau bagaimana sih kerja reksadana. Reksadana adalah tempat berinventasi yang sangat mudah karena anda selaku pemilik modal tinggal menitipkan kepada orang yang profesional, tujuan dana tersebut untuk di investasikan kembali tentunya.

Nah, dengan sistem ini anda tidak lagi di pusingkan untuk memahami atau memikirkan saham atau obligasi yang akan anda beli. Reksadana berbeda dengan anda investasi secara langsung, dimana anda harus benar-benar memikirkan apa yang akan dibeli, investasi dengan reksadana anda tinggal memilih jenis apa yang akan dibeli setelah itu yang paling perlu dilakukan adalah memilih manajer investasinya tentu jangan asal pilih, jangan sampai dana anda dipegang oleh manajer investasi yang tidak profesional apalagi belum ada sertifikat untuk bisa mengelola modal anda.

Penting bagi pemula karena harus tau jenis apa saja didalam Reksadana, dengan mengetahui jenis-jenis reksadana maka anda akan lebih mudah memilih reksadana yang mana paling tepat untuk keuangan anda. Berikut jenis-jenis dari reksadana yang populer dan banyak diminati, mungkin diantaranya ada yang cocok untuk anda.

Mengenal Jenis Investasi Reksadana Bagi Pemula

1. Reksadana Saham

Reksadana jenis Saham, dalam jenis ini memiliki keuntungan yang lebih besar ketimbang jenis lainnya, tetapi resiko yang harus anda tanggung juga setimpal dengan keuntungan yang anda dapatkan, akan ada kemungkinan anda mendapat kerugian juga cukup besar, jadi bila anda memilih jenis reksadana ini anda mesti siap dengan berbagai resikonya.

2. Campuran

Jenis ini termasuk banyak juga diminati yaitu reksadana campuran, sistem kerja dari reksadana campuran yaitu mengelola uang anda yang ditanam di jenis ini akan digunakan untuk beberapa instrumen keuangan seperti contoh deposito, obligasi dan juga saham. Dalam reksadana campuran juga memiliki resiko tinggi tentu ada kelebihannya yaitu memiliki keuntungan juga tinggi yang nanti anda dapatkan. Untuk jangka waktu reksadana campuran ini antara 3-5 tahun.

3. Pendapatan Tetap

Dalam reksadana jenis ini yaitu uang yang anda tanam dalam reksadana Pendapatan Tetap adalah dialirkan untuk obligasi, keuntungannya lebih tinggi ketimbang reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap memiliki rentang waktu 1-3 tahun, silakan dipilih sesuaikan saja dengan kemampuan.

4. Reksadana Pasar Uang

Jenis ini paling banyak diminati karena memiliki tingkat resiko yang rendah, tidak seperti jenis lainnya. berinvestasi di reksadana pasar uang sangat cocok bagi anda yang tidak suka dengan resiko tinggi, namun untuk keutungan di jenis ini tentu berbanding lurus, pendapatan anda pun rendah.

Itu lah beberapa jenis raksadana yang harus anda ketahui bagi pemula di dunia investasi.

Kesimpulan

Dalam melakukan investasi wajib dilakukan survai untuk memilih produk dan juga manajer investasi profesional yang anda percaya, investasi memiliki keuntungan yang berbeda jika anda memilih investasi yang memiliki resiko tinggi makan nilai pengembaliannya juga tinggi, begitu pun sebaliknya jika yang anda pilih minim resiko maka nilai pengembalian yang anda akan dapat kecil.

Silakan pilih manajer investasi yang memiliki sertifikat resmi dan profesional, semoga artikel ini bisa memberikan anda inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *