Waspadai Beberapa Tantangan Bisnis Online
Photo by Negative Space from Pexels

Waspadai Beberapa Tantangan Bisnis Online

Bisnis online merupakan usaha yang bergerak dengan koneksi internet, didalamnya tidak hanya berjualan saja melainkan banyak model, bisnis online tidak harus bertahap muka dengan pelanggan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini merupakan jenis bisnis yang banyak peminatnya, diantaranya Blogger, Affiliate Marketing, Dropshiper, Toko Online, Jasa SEO, Design Website hingga Email Marketing.

Dalam dunia bisnis kendala tidak hanya terdapat pada bisnis secara offline saja, online pun sama ada banyak hal yang harus anda persiapkan untuk menghadapi tantangan berbisnis online.

Tantangan dalam Menjalankan Bisnis Online

Semakin banyak orang tertarik akan manisnya bisnis online seperti membuka Online Shop, soalnya untuk membangun bisnis tersebut anda tidak perlu memikirkan banyak hal seperti lahan untuk membangun toko. Kendati terdengar mudah tetapi sama saja, namanya bisnis pasti ada tantangannya yang akan anda hadapi.

– Tantangan yang paling pertama itu memastikan bahwa website anda mudah ditemukan oleh target market atau bisa dibilang target pasar, ada banyak trik yang bisa anda temukan secara berbayar maupun gratis. Untuk mengenalkan website toko online kepada khalayak ramai, misal dengan cara yang sudah umum adalah mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO), promosi dengan beriklan di Google Ads, Facebook Ads atau yang sejenis biro promosi online.

  • Jika semua poin yang pertama anda sudah lakukan dan mendapatkan pengunjung website, hal perlu dilakukan adalah meyakinkan mereka untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Melakukan analisa terhadap jumlah pengunjung yang datang tanpa order dan yang bertransaksi, bila dari hasil analisa menunjukan rendahnya minat beli, sebaiknya mulai mengadakan beberapa revisi pada tampilan design website, memperbaiki gambar produk bisa jadi kualitasnya kurang baik hingga memeriksa apakah website juga responsive dan user friendly.

 

  • Dengan membuat website sendiri untuk berjualan online, biasanya tingkat keraguan pembeli lebih tinggi ketimbang anda berjualan bareng di situs marketplace. Tantangan bagi anda adalah meyakinkan apakah barang akan dikirim setelah dibayar, barang dalam keadaan baik, produk sesuai dengan pesanan. Untuk mengatasi hal tersebut anda memerlukan sertifikasi yang berfungsi membuktikan bahwa website anda terpercaya, kolom review atau testimoni pelanggan juga termasuk didalamnya.

Ini baru sebagian kecil tantangan bisnis online jika anda menggunakan website sendiri, belum lagi jika anda bergabung disebuah marketplace tantangan yang anda temukan juga berbeda.

Tips Untuk Pemasaran Bisnis Online

Meski banyak tantangan dan hambatan dalam bisnis online yang harus dihadapi, tetapi kesuksesan dalam berbisnis online bisa anda raih dengan cara kerja keras dan mengaplikasikan strategi pemasaran bisnis online yang tepat.

Tips berikut ini bisa anda coba ikuti untuk memaksimalkan strategi bisnis online anda.

1. Penentuan Target Pasar

Dalam berbisnis online diperlukannya penentuan target pasar yang tepat untuk produk dan jasa anda.

2. Membuat Website atau Daftar ke Marketplace

Dengan membangun sebuah halaman website bertujuan untuk memudahkan calon pelanggan mengetahui produk atau layanan jasa yang ditawarkan.

3. Planning Pemasaran

Beberapa hal yang perlu anda rencanakan agar bisa tercapai strategi bisnis anda dengan menyewa tenaga ahli dalam bidang marketing online, termasuk urusan design website, bisa meminta bantuan developer yang dapat memperbaiki penampilan toko online anda.

4. Jangan Lupakan Pentingnya Digital Marketing

Digital marketing ini bisa anda andalkan karena memiliki pengaruh besar terhadap iklan produk dan jasa anda semakin optimal.

Baca juga Kenali Jenis Digital Marketing Sebelum Bisnis Online

Seperti halnya pekerjaan lain bahwa ilmu perlu anda miliki minimal dari jenis cara membaca strategi agar bisnis anda tetap berkembang. Ketika anda mempunyai ilmu dalam strategi pemasaran anda akan lebih siap menghadapi tantangan dan hambatan.

Demikianlah artikel ini semoga dapat membantu anda memecahkan tantangan berbisnis online, dengan banyaknya persaingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *